• LinkedIn
  • Join Us on Google Plus!
  • Subcribe to Our RSS Feed

Sabtu, 28 April 2012

CARA MENINGKATKAN ASI

01.30 // by Unknown // No comments




Bidan cantik frenz...Banyak ibu menyusui menjadi cemas bayi mereka tidak mendapatkan ASI yang cukup dan khawatir pasokan air susu mereka rendah. Seperti diketahui, banyak atau tidaknya pasokan susu sangat tergantung dari seberapa sering ibu memberikan ASI ke bayi mereka. Semakin sering menyusui, maka jumlah ASI akan semakin besar, begitu pula sebaliknya.

Namun ada beberapa bukti yang menunjukkan bahwa diet memiliki pengaruh terhadap produksi ASI, seperti dikutip Lifestrong berikut ini:

Makan sehat

bidanku-cantikSeorang wanita hamil harus makan lebih banyak ketimbang wanita normal untuk mendapatkan energi yang cukup untuk produksi ASI. Wanita yang menyusui membutuhkan sekitar 500 kalori ekstra setiap hari. Ibu hamil juga harus mengonsumsi berbagai macam jenis makanan, selain juga suplemen vitamin, untuk mendapatkan berbagai nutrisi yang dibutuhkan bayi mereka. Ibu hamil harus mendapatkan setidaknya tiga protein dan lima porsi kalsium setiap hari, dan mengonsumsi makanan kaya zat besi. Beberapa makanan yang dapat menjadi pilihan utama antara lain sayuran berdaun hijau, biji-bijian, buah-buahan segar, ikan kaya lemak omega tiga dan produk susu rendah lemak.

Cairan

Selain mengonsumsi berbagai makanan yang sehat, wanita yang sedang menyusui harus minum banyak cairan. Selain air putih, Anda juga dapat memenuhi kebutuhan cairan tubuh dari jus buah murni (tanpa gula) dan susu rendah lemak untuk membantu meningkatkan pasokan ASI. Ibu menyusui harus mendapatkan minimal 8 gelas cairan setiap hari, sebaiknya tanpa kafein. Anda juga dapat mencoba teh herbal yang dirancang untuk menstimulasi produksi ASI.

Makanan khusus

Meski kebanyakan wanita menghasilkan ASI cukup untuk bayi sekalipun gizi mereka tidak baik, namun pola makan yang buruk dapat mempengaruhi kualitas ASI mereka. Hal ini tentu akan memengaruhi asupan nutrisi yang dibutuhkan bayi Anda. Ada beberapa makanan tertentu dapat meningkatkan pasokan ASI. Termasuk di antaranya, oatmeal, bawang putih dan jahe. Jika pasokan ASI Anda rendah, cobalah menyantap oatmeal untuk sarapan setiap hari, dan menambahkan lebih sedikit rempah-rempah ke dalam makanan Anda.

Suplemen

Selain makanan, ada beberapa suplemen diet yang dipasarkan untuk ibu menyusui, yang diklaim dapat meningkatkan suplai ASI. Meskipun hanya ada sedikit penelitian ilmiah yang menguji tentang efektivitas suplemen tersebut, namun banyak ibu menyusui yang melaporkan keberhasilan pengunaan suplemen herbal tersebut. Para ahli dari Newman Breastfeeding Clinic and Institute merekomendasikan kapsul fenugreek. Herbal lain yang direkomendasikan untuk meningkatkan suplai ASI adalah daun raspberry dan alfalfa. Namun sebelum menggunakan suplemen herbal saat menyusui, pastikan berkonsultasi dahulu dengan dokter atau dokter anak Anda.

Semoga Bermanfaat

0 komentar:

Posting Komentar